photo Graphic1nn_zps304d32e0.jpg

February 2, 2012

Perjalanan Karir Seorang G-Dragon

G DRAGON. Nama yang sudah tidak asing lagi bagi perindustrian musik di Korea. Ya, GD adalah leader sekaligus rapper dari Big Bang. GD juga telah membuat lebih dari 100 lagu. Tidak hanya untuk boybandnya sendiri tetapi juga untuk penyanyi lain. Proud of him :)
Nah, pada kesempatan kali ini, aku mau mengupas tuntas tentang my special GD hehehe.
Leader grup BIG BANG dari YG Ent ini terkenal dengan “Perfection Jiyong” karena saking perfect-nya mengurus ini itu dengan otaknya yang jenius. Yang udah nonton Olleh BIG BANG TV pasti tau kan gimana ribetnya oppa kita ini mengurus semua hal sebelum konser dimulai dari tata panggung, dancer, penataan lagu, semua di borong sama si oppa. Kayaknya jiwa leader emang udah nempel sama ruh nya. Apalagi urusan cipta mencipta lagu, beuhh… dari lirik lagu sampai composing lagi lagi di borong sama dia. Dan satu hal lagi yang sangat identik sama Jiyong oppa, apalagi kalo bukan FASHION. Nggak tahu pake mantra apa, tapi semua yang nempel ditubuh Jiyong oppa pasti keliatan keren dari syal, kacamata, sampe sepatu, ngga heran oppa di daulat jadi model nya ‘Bean Pole’. Untuk urusan rambut, Jiyong oppa juga punya cara yang cukup ekstrem dalam menarik perhatian, dari model Mohawk, mangkok, sampai keriting mihun pernah dijelajahinya.
GD oppa menjadi anggota “Little Rula” di usianya yang baru lima tahun (usia segitu aku masih nonton teletubbies), dan mulai menjadi rapper di tahun 2001 waktu kelas 6 SD. Muncul pertama dengan gaya celana hip-hop baggy dan topi baseball miring ini sukses menarik perhatian Yang Hyunsuk yang juga anggota Seotaji and The Boys yang kemudian menarik GD oppa menjadi trainee di YG Entertainment.


Selama enam tahun, GD oppa benar benar dilatih dengan menyanyikan ribuan lagu, dan dijarkan bagaimana menjadi seorang dancer yang baik, meskipun berulang kali dia harus terjatuh. Tapi karena GD oppa mempunyai tujuan yang pasti yaitu ingin menjadi seperti ‘JINUSEAN’ semua berhasil dilaluinya dengan baik. Menghabiskan masa kecil sampai remaja sebagai trainee, membuat GD oppa merasa YG Entertainment adalah rumah terbaik untuknya. Pada tahun 2006 GD oppa didaulat menjadi bagian untuk acara “BIG BANG REAL DOCUMENTARY” bersama Taeyang, Seungri, TOP, dan daesung. Dan pada Agustus 2006 BIG BANG akhirnya memulai debut pertama mereka, tidak sampai tiga tahun BIG BANG melejit menjadi salah satu idola korea yang cukup diperhitungkan, sejak saat itu GD oppa dikenal sbg “ Idol Genius” karena keahlianya menjadi ikon fashion dan juga composer.
Dari penata rambut, fotografer,manajer,koreografer, sampai stylish nya. Semua mengakui kalau KWON JI YONG memang terlahir sbg superstar. Bagaimana seorang anak kecil usia 5 tahun bernama Kwon Jiyong bisa menjadi seorang “ IDOL STAR” bernama G DRAGON?
Berikut penuturan dari mereka yang selalu menemani keseharian GD dalam berkarir di dunia musik.


Stylist, Jieun (29)

"Pada awalnya, dia pergi seorang diri ke Dong-Dae-Moon dan Yi-Tae-Won"


Jieun bergabung dengan YG tahun 2000 dan bertanggung jawab atas Styling 1tym serta Lexy. Menjadi Stylist BIG BANG pada tahun 2006 dalam produksi “BIG BANG DOCUMENTARY”.

“Ketika saya menangani BIG BANG, perusahaan ingin membuat image yang selalu mudah diingat dalam waktu yang lama. Dan setiap member tidak boleh mempunyai image yang sama. Dengan gaya Hip Hop, konsep keseluruhannya menjadi ‘Formal Manliness’ yang dipadukan dengan image casual dan santai, sehingga menjadi sedikit unik. Hal lain yang diinginkan perusahaan adalah perbedaan antara style sehari-hari dan style saat ada di panggung dapat di minimalisir sebisa mungkin. Karena jika terlalu besar perbedaannya, orang akan berpikir mereka tidak stylish.


Karena mereka sangat memperhatikan soal fashion dalam kehidupan sehari-hari, semua anggota dapat dinilai sebagai fashionista. Terutama, Ji-Yong dan Taeyang yang belajar banyak dari JinuSean dan 1Tym ketika sedang trainee di YG selama 6 tahun. Pada awalnya mereka tidak berani bertanya dimana JinuSean dan 1Tym mendapatkan pakaian dan aksesoris yang bagus. sehingga mereka pergi ke Dong-Dae-Moon dan Yi-Tae-Won sendirian untuk mencari barang-barang yang bagus dan unik. Hal kecil seperti ini dapat menjadi pelajaran yang penting. Bahkan sekarang Jiyong selalu memanggilku saat membeli pakaian hanya sekedar bertanya apakah baju ini masih musim atau tidak. Beberapa fans berpikir Ji-Yong lahir dengan semua bakatnya, tapi menurut saya jiyong adalah ‘Sesorang jenius yang berusaha dengan keras’ entah itu dalam music maupun fashion. Dia adalah tipe orang yang mempunyai spekulasi atau gambaran yang luas dan rasa ingin tahu yang tinggi. Bahkan ketika dia benar-benar sibuk, dia tidak pernah ketinggalan untuk update informasi tentang fashion dan musik melalui internet. Mungkin itu sebabnya kenapa dia tidak bisa gemuk (he he he…).


Saya tidak pernah membiarkan mereka memakai sesuatu yang bisa orang dapatkan dengan mudah di Korea. Ketika mereka akan melakukan performance baru, aku biasanya membeli beberapa barang unik dari luar negri.Namun, jika mereka ada 10 pakaian maka hanya ada 2 pakaian saja yang beli di toko, sisanya dirancang sendiri oleh tim stylish. Empat orang stylist termasuk saya membeli segala keperluan untuk aksesories dan designer langsung dari pabrik.


Ada anggota yang terlihat lebih baik dengan tambahan aksesoris yang banyak tapi ada juga yang justru terlihat buruk. Jiyong adalah satu-satunya orang yang berani berkata ‘tidak’ dengan style yang disarankan. Jika ada konsep yang jelas dia bisa memakai celana pendek yang unik atau celana warna merah sampai hijau. Karena fleksibilitas, biasanya ‘item gila’ yang mampir ke tubuhnya. Secara fisik, dia ramping dan kurus, dan tidak tinggi. Namun, karena bahunya yang luas, lengan dan kaki yang panjang, ia mampu melakukan apa saja. Dia juga memiliki struktur tulang bersandar, sehingga dia juga bisa memakai pakaian perempuan.
Jiyong dilahirkan dengan kulit yang luar biasa, bahkan make-up artis kagum setelah melihat kulitnya. Dia memiliki permukaan kulit yang bagus dengan sedikit pori-pori, sehingga dia tidak perlu melakukan sesuatu yang aneh-aneh dengan kulitnya. Untungnya, dia memakai lotion yang aku rekomendasikan sejak debut. Kadang-kadang orang bertanya pada saya, “Bagaimana Ji-Yong akan menjadi style-icon untuk hari ini? ” Ada orang yang hanya mengenakan pakaian yang diberikan tapi ada juga orang yang memahami tentang fashion dan meng-konsep pakaian mereka sendiri. Jiyong termasuk pilihan yang kedua. Dia mengerti fashion dengan sempurna dan keluar dengan gayanya sendiri. Ekspresi serbaguna dan gerak tubuh adalah kualitas utama yang membuatnya menjadi ICON FASHION.”


Manager, Kim Nam Gook (28)

“Leader yang menentukan, seseorang yang dapat menciptakan image dingin”


Sebelumnya menjadi manajer Go Hye Seon dan se7en, lalu tahun 2007 menjadi manajernya BIG BANG, dan kemudian menjadi manajer pribadinya G Dragon.
“Saya banyak memiliki kenangan secara personal dengan Jiyong. Beberapa waktu yang lalu, saya berniat mengundurkan diri karena alasan pribadi dan perusahaan menyetujuinya. Saat itu Jiyong sedang berada di Jepang untuk bekerja dan langsung menelponku saat kembali ke korea. Dia berkata cukup keras “ Kamu tidak boleh melakukan ini padaku, kamu tidak akan pernah boleh berhenti !!” Tanpa mendengarkan alasanku dia langsung menutup teleponnya. Awalnya saya terkejut, tapi saya paham ini adalah cara Jiyong memberikan perhatiannya untuk orang lain.


Banyak yang menilai jika dia adalah orang yang dingin, image ini diciptakannya sendiri, dia menyadari kalau dirinya adalah pemimpin tim dan memikul sebuah tanggung jawab. Misalnya ketika BIG BANG akan tampil, ada 5 anggota, 4 penata, dan beberapa tim yang bekerja bersama. Dalam hal ini Jiyong menjadi pusat pengambilan keputusan. Jadi dia harus bekerja keras dan berpikir dengan tajam. Tapi sebenarnya dalam kehidupan sehari hari dia orang yang banyak tersenyum, suka bermain, dan suka dengan makanan lezat serta sangat tertarik dengan fashion seperti teman-temannya di 20s.”

Choreographer, Lee Jae Wook (31)

“Sangat bersemangat saat dance, membuatnya sering ganti celana karena robek”

Bergabung dengan YG tahun 1990 dan menjadi tim dance untuk JinuSean, 1Tym,dan se7en. Mulai menjadi koreografer tahun 2005.
“Ji-Yong terlahir sebagai penari. Dia bisa merasakan irama, memiliki sensasi gaya, belajar cepat, dan tahu bagaimana menerapkan keterampilan yang dipelajari. Sebelum Big Bang debut, saat saya pertama kali bertemu dengan para member, saya pikir kemampuan menarinya adalah yang terbaik.


Meskipun Jiyong sudah disibukkan dengan membuat lirik dan composing lagu, tapi dia masih bisa bekerjasama menuangkan ide untuk membuat sebuah dance. Koreografi untuk ‘Sunset Glow’ dan ‘Last Farewell’ dipenuhi dengan ide-ide dari Ji-Yong. Jiyong dan Teyang yang paling bersemangat saat menari, jadi tidak heran mereka yang paling sering ganti celana. Sebelum mereka debut, mereka latihan selama 14 jam sehari. Ketika koreografi sudah komplit, maka giliran Jiyong dibantu member lain yang menyempurnakan gerakan. Bahkan sekarang untuk menentukan gerakan inti dan gerakan lainnya, Jiyong akan memutuskannya dengan member lain.”


Hair Designer, Kim Tae Hyun (38)

“Gaya rambut Mohawk adalah ide nya Jiyong”

Menjadi hair designer Jiyong sejak trainee.

“Saat masa performance, dia hampir setiap hari ke salon. Saat para member mengubah gaya rambut, mereka juga menyempatkan diri untuk melakukan perawatan. Itu sebabnya sekarang mereka memiliki rambut yang sehat. Jiyong memiliki kulit seperti bayi dan jarang memakai make up kecuali saat tampil di TV. Gaya kelima anggota tidak sama, seseorang tidak bisa lebih cemerlang dr yang lain, dan warna rambut harus sama baik. Semakin banyak member yang menjadi ikon fashion, semakin aku harus belajar dan memberi perhatian lebih.


Ketika judul lagu sudah diputuskan, stylist akan memutuskan konsep gaya yang dipakai dan aku akan mengkreasikan gaya rambut untuk masing masing member. Dan Jiyong yang palin sering ganti gaya rambut. Gaya rambut ‘Duck’ (yang ia lakukan selama pertunjukan Lie) merupakan kreasi dengan ekstensi sebagian pada poni nya. Rambutnya terlalu pendek untuk diikat, tapi dia sangat keras kepala dan sangat ingin mengikatnya. Akhirnya diputuskan gaya Mohawk karena pakaiannya terlalu normal. Kembali pada tahun 2001 (ketika Ji-Yong pertama kali datang padaku untuk styling rambut), ia ingin menjadi berbeda dari semua orang. Ji-Yong menjadi cantik dengan rambut bang. Ketika ia terinspirasi memakai gaya Mohawk, ekspresi nya juga semakin kuat. Sudah 10 tahun sejak kami saling kenal, tapi setiap tampil di depan kamera dia selalu membuatku terkejut. Dia tahu cara untuk memamerkan pakaian dan rambut dengan ekspresi dan gaya tubuhnya. Bagaimana mungkin orang tidak akan suka padanya?



Dia adalah orang yang berhati hangat dan tahu bagaimana memperlakukan orang dengan baik.Dia adalah Jiyong, orang yang selalu menyingkirkan pringnya sehingga aku tidak bisa mengambil makanannya.”


Photographer, Lee Jung Woon (29)

“Dapat mengubah ekspresi wajah tergantung pakaiannya hanya dalam hitungan detik.”


Bergabung dengan YG tahun 2004 dan menjadi fotografer se7en. Baru baru ini bekerja sama dengan BIG BANG untuk banyak project.

“Aku pertama kali memotret Jiyong tahun 2004. Dia terlihat seperti anak kecil yang jenius, dia membawa sendiri alat peraga untuk pemotretan. Awalnya aku berpikir dia sangat berlebihan, tapi setelah melihat hasilnya…spektakuler dan jenius!!!

Ji-Yong memiliki wajah depan yang baik. Tampak kuat, berbagai ekspresi dapat diperoleh dengan memotret dari depan, itu yang biasa aku lakukan. Sejak pertemuan pertama, aku bisa merasakan kekuatan dan kebanggaan melalui lensa kamera. Dan itu masih tinggal sampai sekarang, meskipun semuanya sudah berubah.
Sebelumnya, dia berpose dengan arahan orang lain, tapi sekarang terlepas dari apa yang dia kenakan, dia tahu bagaimana mengekspresikan dirinya secara bebas. Misalnya, ketika menunggu baju datang, dia tidak akan berdiam menunggu, dia akan memikirkan sepatu yang cocok dan perubahan gaya rambut yang sesuai. Pro kontranya dia memiliki banyak keinginan (yang lebih baik) dan memiliki ambisi serta semangat yang tinggi. Kadang selesai pemotretan, dia ingin aku mengambil gambar dengan ide darinya. Membuatku ingin mengontrolnya sebagai fotografer (sambil tertawa…).
Lanjut yah,kali ini cerita Jiyong tentang Taeyang a.k.a Youngbae yang sudah dikenalnya sejak pertama masa trainee.
“Pertama kali aku melihat Youngbae, aku berpikir ‘Waw, siapa ini?’ Sejak awal kami memang sudah dekat. Kami berdua sebenarnya memiliki kepribadian yang sangat berbeda, dulu aku adalah anak yang pemalu dan mulai percaya diri saat menginjak masa remaja. Sedangkan Youngbae adalah anak yang sangat aktif tapi sekarang dia banyak berubah menjadi orang yang lebih tenang. Sebagai anak yang cukup aktif dia pernah berkata pada boss Yang hyunseuk ‘Aku ingin masuk ke YG’, dia mengatakan itu tanpa ragu sedikitpun lalu YG menjawabnya dengan setengah bercanda ‘Oke, aku akan menghubungimu nanti!’


Satu bulan kemudian Youngbae datang lagi ke YG dan langsung menuju ke ruang kantor dengan wajah masam lalu berkata ‘Sudah satu bulan, tapi kenapa kalian tidak menghubungiku!’ YG sangat menyukai sifat percaya diri Taeyang lalu menerimanya menjadi trainee. Meskipun usia kami sama, kami tumbuh bukan sebagai saingan tapi teman baik.


Daripada sendirian, mengepel dengan dua orang bukankah jauh lebih baik? Kami mempunyai banyak kenangan yang menyenagkan, Aku masih ingat dengan jelas cerita saat kami tertawa dan menangis bersama, mengingat itu membuatku lebih baik. Hari hari selama trainee adalah masa yang sulit, tidak ada yang dapat menjamin masa depan kami, banyak hal yang bisa membuat down dan sedih. Apalagi kami adalah maknae disini, Saat menghadiri konser kami hanya bisa datang sebagai tamu atau lebih tepatnya pengganti, misalnya saat Wheesung tidak bisa datang ke konser se7en karena jadwalnya yang padat maka kami yang dikirim kesana. Dan kami harus secepat mungkin menyiapkan pakaian yang cocok. Saat di stasiun bawah tanah kami harus menenteng tas besar yang berisi pakaian. Biasanya setelah konser orang akan melihat kami dan berkata ‘Bukankah mereka yang tampil tadi?’ Saat diatas panggung kami terlihat keren tapi saat mereka melihat kami menenteng-nenteng tas besar itu sangat mengubah image kami, saat itu aku benar benar merasa malu.”


Sambil menenteng tas-tas yang berisi pakaian mereka menunggu seharian di stasiun Jamsil. Manajer sepertinya sudah lupa tentang keberadaan G-Dragon dan Taeyang.
“Manajer seharusnya datang pukul sebelas siang untuk menjemput kami, tapi mereka tidak pernah muncul sehingga kami harus menunggu sampai jam enam sore. Kami tidak memiliki nomor telepon mereka dan mereka hanya menyuruh kami untuk menunggu di sana. Kami masih menunggu sampai kereta terakhir dan akhirnya memutuskan pulang ke rumah. Esok harinya aku pergi menemui manajer dan bertanya padanya, dia hanya bilang ‘lupa’ untuk menjemput kami karena ada janji dengan orang lain. Aku hanya bisa berkata ‘Oh oke’ dan kembali bersih bersih, tapi itu benar-benar menyedihkan.”

Terharu banget baca perjuangan mereka dari nol. Cerita mereka bener-bener membanggakan, sesuatu yang dimulai dengan kerja keras pasti hasilnya memuaskan. BIG BANG DAEBAK !!!
Oke, G Dragon mengungkapkan masa sulit yang dilewatinya selama bertahun-tahun untuk sampai ke puncak.
Karena ingin lebih dekat dengan kelompok hip-hop Amerika Klan Wu-Tang, G Dragon bertekad untuk belajar dengan keras. Dia memutuskan masuk ke kelas rap gaya bebas yang membuatnya semakin dekat dengan para Crew, karena mereka menggunakan ruangan praktek yang sama.

“Seorang anak kecil sangat tertarik untuk belajar rap, hal ini menarik perhatian para hyung. Bahkan aku sering dibodohi mereka. Kesempatan terbesarku adalah saat aku ikut ambil bagian dalam ’2001 Korean Hip-Hop Flex album’. Faktanya adalah Bagaimana seorang anak umur 13 tahun bisa bergabung dalam album yang seharusnya diisi oleh rapper-rapper ahli. Untuk 2001 Korean Hip-Hop Flex aku menulis sendiri liriknya lalu merekamnya, hyung bilang tidak apa-apa. Tapi karena aku tidak pernah tinggal di amerika jadi bahasa inggrisku sangat buruk, liriknya pun terdengar aneh dan kuno. Misalnya, ‘Im young, but I’m the best.”


G Dragon muda berpartisipasi dalam judul lagu bahkan dia membuat lagu solo. Album ini adalah kesempatan untuk memberitahu dunia siapa G Dragon. Dan tentu saja Yang Hyunsuk, Presiden YG Ent tidak membiarkan anak kecil ini pergi.


“Sean adalah salah satu orang yang melihatku dan memberitahu Yang Hyunsuk tentang aku. Bahkan produser utama juga tertarik padaku dan ingin bekerja sama denganku. Ketika pertama kali bertemu dengannya aku berpikir ‘Akhirnya aku bertemu Yang HyunSuk’ saat itu aku benar-benar gugup. Aku sangat mengaguminya karena aku berpikir dia yang terbaik di Seotaeji and The Kids. Fashionnya juga keren dengan sarung tangan pada kemeja lengan pendek. Tapi saat bertemu dengannya aku sangat terkejut, Aku mendengar suara sandal di lantai dan dia berkata “Anda di sini?” dengan nada aneh. Dia tidak tampak seperti Yang HyunSuk dari Seotaeji and The Kids. Dia lebih tampak seperti paman-paman yang sering aku temui di kota. Ketika ibu meninggalkan ruangan, dia justru mengajariku untuk membuat keributan jika ingin masuk ke YG.”


“Sesampainya dirumah aku menangis dan membuat keributan dengan ibuku, dengan begitu aku dikontrak di YG (hehe…). Ketika usiaku 13 tahun di YG ada JinuSean, One Time, dan Lexy. Ketika pertama kali datang ke kantor, aku pikir se7en hyung orang yang memakai style hip-hop dan bermain-main dengan wanita di kantor. Dari semua orang yang aku temui, dia adalah orang yang paling cantik yang pernah aku temui.”


G Dragon juga membersihkan ruangan latihan, mengepel lantai, dan membersihkan kaca dengan koran. Dia akan melakukan semua perintah yang diberikan sunbae nya.
“Aku akan menonton sunbae yang sedang berlatih dan menyediakan air minum, saat makanan datang aku yang membagikannya dan setelah mereka selesai makan aku yang membersihkannya. Selama setahun yang aku lakukan adalah bersih-bersih. Saat datang ke kantor aku langsung bersih-bersih selama satu jam lalu latihan selama dua jam, selesai latihan aku akan bersih-bersih lagi selama satu jam. Dan hal itu terulang setiap harinya.”


Di usia 13 tahun dia menampilkan lagu-lagu dalam sebuah ‘cable music program’, bahkan dia juga sampai tahap tampil di konser. Kemudian, untuk pertama kalinya dia bertemu dengan Taeyang yang juga menjadi anggota BIG BANG.


Mau tahu kan bagaimana kerja keras GD oppa sebagai leader? tadi lagi nyari video musik di Youtube, ketemu video ini tentang persiapan Big Bang ketika mau Big Show Concert 2011.




source : soompi

credit : bigbangkorean.wordpress.com

Post taken by Liya @ liyaprimselfvip

Korean : asia.e

12 comments:

  1. K pop mania kawan ini,,,
    sukses selalu

    Blogwalking Senja hari
    sambil mengundang rekan blogger sekalian
    Kumpul di Lounge Event Tempat Makan Favorit
    sukses selalu
    Salam Bahagia

    ReplyDelete
  2. GD, emang kereen.. Usaha dan krja kerasnya gk sia".

    ReplyDelete
  3. Adang: saya bukan kpop mania, saya vip. hahaa
    Rita: ga salah deh saya mengidolakan :)

    ReplyDelete
  4. Kereeenn bangeet! (y)
    GD udah pernah main K Drama belom kakak? :O
    Kalau udah judulnya apa?

    ReplyDelete
  5. yang aku tau GD belom pernah main K-drama, paling parodinya aja maen bareng anggota bigbang yang lain. lucu loh parodinya mesti nonton :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parodi yaa?
      Sayang banget kalau nggak main. Soalnya, GD itu orangnya ekspresif banget. :D

      Delete
    2. iya parodi bbf, secret garden, coffie prince sama bhetoven virus.
      nanti kali dia bakal main film sama aku, puhahaha

      Delete
    3. Hahahah, boleeh dong ikutan :3
      Oiya, punya acount twitter nggak kak? Minta doong :D

      Delete
    4. boleh :) jadi cameo nya tapi.. hehe
      @NRA930406 yahh

      Delete
    5. Cameo itu apa? :O
      Oke, folback yaa, ;)

      Delete
  6. lagu GD wktu kecil lucu nge-rap nya, mukanya kaya bakpau

    ReplyDelete